PENGARUH MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN BENTUK MUKA BUMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANYUASIN III

Authors

  • Heri Setianto

Abstract

Abstrak
Media pembelajaran visual gambar adalah media yang termasuk visual
yang dapat berkomunikasikan dalam bentuk gagasan, gambar dan kata-kata berfungsi untuk menyalurkan pesan ke penerima pesan dengan melakukan indra penglihatan sehingga dapat membangun pengetahuan siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi pokok bahasan bentuk muka bumi di kelas XI IPS di SMA
Negeri 3 Banyuasin III. Metode yang digunakan metode eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas, media visual dan variabel terikat, hasil belajar siswa. Populasi penelitian berjumlah 177 siswa dan yang menjadi sampel adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu melalui langkah-langkah uji normalitas dan homogenitas data kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa dengan memberikan pengajaran menggunakan media visual (Gambar) di kelas
eksperimen dan tidak menggunakan media visual (Gambar) di kelas kontrol. Dimana kelas XI IPS 1 diajar dengan menggunakan media visual (Gambar) dan kelas XI IPS 2 diajar dengan tidak menggunakan media visual (Gambar), Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis yang diperoleh bahwa t hitung > t tabel (6,211 > 1.667).
Kata Kunci: Mesia Visual, Hasil Belajar

Downloads

Published

2016-10-13