METODE PEMBELAJARAN REKORDER SOPRAN DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG

Authors

  • A. Heryanto

Abstract

ABSTRAK

               Penerapan Metode Pembelajaran Rekorder Sopran dengan menggunakan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) ini bertujuan untuk mengetahui hasil Belajar Siswa kelas X di SMK Negeri 1 Lempuing Jaya Program Studi Agribisnis Tanaman Perkebunan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes prestasi. Data hasil tes yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas X ATP 2 yang mengikuti pembelajaran rekorder sopran dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) mempunyai nilai rata-rata klasikal 70,37. Nilai ini jika dicocokan dengan kategori nilai yang sudah disajikan sebelumnya termasuk ke dalam kategori baik. Ini berarti proses pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung bisa dikatakan berhasil. Hal ini bisa dilihat dari hasil tes secara klasikal termasuk dalam kategori baik dan secara individual 74,1 % hasil belajar siswa termasuk ke dalam ketegori baik. Selain itu juga jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa tidak menggunakan model pengajaran langsung dengan hasil belajar setelah menggunakan model pengajaran langsung secara klasikal mengalami peningkatan. Berarti penerapan model pengajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu mengalami peningkatan.

Kata kunci: Model Pengajaran Langsung dan Hasil Belajar.

Downloads

Published

2016-10-15