PENINGKATAN DISPOSISI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 16 PALEMBANG

Authors

  • Eti Eti
  • Nila Kesumawati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan disposisi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan problem based learning di SMP Negeri 16 Palembang. Variabel dalam penelitian ini adalah disposisi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah totalitas hasil angket dan hasil tes siswa kelas VII SMP Negeri 16 Palembang. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui random sampling yaitu hasil angket disposisi matematis dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-5 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-4 berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen (pretest-posttest control grup design). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) peningkatan disposisi matematis siswa yang mendapat Problem Based Learning lebih tinggi daripada pembelajaran biasa, (2) peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang mendapat Problem Based Learning lebih tinggi daripada pembelajaran biasa dan (3) tidak ada asosiasi yang antara disposisi matematis dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

 

Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa, Problem Based Learning

Downloads

Published

2017-01-18