PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF UNTUK SEMESTER III PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • YUSPAR UZER

Abstract

Abstrak

Penulis menetapkan Universitas PGRI Palembang sebagai objek atau tempat penelitian berdasarkan alasan: (1) mahasiswa semester III sudah mempelajari materi pembelajaran membaca intensif, khususnya menemukan ide pokok dalam sebuah wacana; (2) berdasarkan wawancara penulis dengan Dosen Bahasa Inggris yang mengajar di semester II pada program studi Bahasa Inggris, masih ada mahasiswa yang belum mampu menentukan ide pokok dalam sebuah wacana atau berbagai bahasa tulisan; (3) berdasarkan pengamatan penulis, Dosen Bahasa Inggris yang mengajar di kelas  mendominasi kegiatan belajar mengajar dan dosen sedikit sekali memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk terlibat aktif sehingga minat belajar mahasiswa rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan yaitu model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif untuk mahasiswa semester III pada program studi Bahasa Inggris di Universitas PGRI Palembang karena terbukti bahwa “to†lebih besar daripada “t. tabel†pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil siswa setelah membandingkan hasil tes kelas kontrol dengan hasil kelas eksperimen diperoleh bahwa “toâ€Â  > “t. tabel†yaitu 12,83 > 2,00 pada taraf signifikan 5% dengan d.b 58. Kenyataan dikemukakan sebagai berikut. “to†> “t tabelâ€, tolak Ho, terima Ha (taraf signifikan 5%).12,83 > 2,00, tolak Ho, terima Ha (taraf signifikan 5%). Dengan demikian, hipotesis yang penulis kemukakan yaitu, “Model pembelajaran jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan membaca intensif untuk mahasiswa semester III pada program studi Bahasa Inggris di Universitas PGRI Palembang, khususnya memahami ide pokok dalam sebuah wacanaâ€, terbukti kebenarannya. Oleh karena itu, hipotesis diterima.

Kata Kunci: Pengaruh Pembelajaran, Kemampuan Membaca Intensif, Jigsaw Teknik. 

Downloads

Published

2017-01-21