Mengajar Prosa dengan Menggunakan Strategi Respon Pembaca di Semester Keempat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang
Abstract
Abstrak
           Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah efektif untuk mengajar Prosa dengan menggunakan Strategi Respon Pembaca di semester keempat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang?â€Â Oleh karena itu tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah efektif atau tidak efektif untuk mengajar Prosa di semester keempat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang. Populasi dari penelitian ini adalah 80 mahasiswa di semester keempat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang pada tahun akademik 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas 4A dengan jumlah 40 mahasiswa dengan menggunakan purposive non random sampling. Metode Pre-eksperimen digunakan dan data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui hasil dari mengajar prosa dengan menggunakan Strategi Respon Pembaca (RRS). Berdasarkan hasil dari tes tertulis, ditemukan bahwa Strategi Respon Pembaca (RRS) adalah terbukti efektif untuk mengajar Prosa di semester keempat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang. Skor rata-rata nilai mahasiswa dalam post-test (72,75) lebih tinggi dari nilai pre-test (51,64). Hasil uji t-hitung diperoleh yaitu 16,2 sedangkan hasil t-tabel 1,684 karena itu lebih tinggi dari t-tabel 1,684. Ini berarti bahwa hipotesis -alternatif (Ha) diterima dan hipotesis-nol (Ho) ditolak. Artinya mengajar prosa menggunakan Strategi Respon Pembaca (RRS) di semester keempat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris-Universitas PGRI Palembang adalah efektif.
Kata kunci: prosa, strategi respon pembaca, mengajar.