MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMECAHKAN SOAL TEORI RELATIVITAS KHUSUS DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK DI SMA METHODIST 1 PALEMBANG

Authors

  • Patricia Lubis

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi antara Dosen FKIP Universitas PGRI dengan guru SMA Methodist I Palembang. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III IPA 2 SMA Methodist I Palembang yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan soal teori relativitas khusus dengan pendekatan heuristik khususnya pada soal-soal penjumlahan kecepatan relativitas Einstein. Pada penelitian ini telah berlangsung dua siklus dengan tatap muka sebanyak 7 kali. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh tingkat kemampuan siswa dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan tajam, hal ini dapat dilihat dari analisis data Tes Siklus II sebanyak 85,3 % siswa yang memperoleh nilai diatas 61, dimana pada saat pretest ketuntasan belajar siswa 0%. Dari analisis data
angket diperoleh seluruh siswa mengalami kemudahan dalam memecahkan soal-soal penjumlahan relativistik dengan pendekatan heuristik.
Kata kunci : teori relativitas khusus, pendekatan heuristik

Downloads

Published

2017-02-11