UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMPN 43 PALEMBANG MELALUI MEDIA REALIA DAN TEKNIK PEMETAAN PIKIRAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas menulis puisi siswa kelas VIIIÂ SMPN 43 Palembang melalui media realia dan teknik pemetaan pikiran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 SMPN 43 Palembang yang berjumlah 34 orang. Penelitian tindakan ini dilaksanakan selama dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumen tugas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media realia dan teknik pemetaan pikiran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII SMPN 43 Palembang. Hal ini berdasarkan hasil tes praktik kemampuan menulis puisi dari tes awal hingga siklus II. Pada tes awal skor rata-rata siswa sebesar 18.7 setara dengan 59%. Setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 23,67 setara dengan 73,99%. Pada akhir siklus II, skor rata-rata siswa menjadi 25,94 atau setara dengan 82%. Kenaikan skor rata-rata siswa mulai tes awal hingga siklus II sebesar 7,56.
Â
Kata Kunci: media realia dan teknik pemetaan pikiran