PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI STRATEGI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) PADA SISWA KELAS X SMK PELAYARAN SINAR BAHARI PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui strategi peta konsep (concept mapping) pada siswa kelas X SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Lrg. Pasundan Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan Ilir Timur II Palembang Sumatra Selatan dengan Subjek penelitian siswa kelas X Notik A tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa pada siklus pertama kemampuan menulis karangan narasi siswa sebesar 76,67% dan setelah diberikan tes pada siklus kedua kemampuan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan mencapai 90,00% siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama sebesar 13,33% atau 13% siswa sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah berhasil mencapai indikator yang diharapkan dan hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui strategi peta konsep pada siswa kelas X SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembangtercapai dengan baik.
Â
Kata kunci: Karangan Narasi, Strategi Peta Konsep (CONCEPT MAPPING)