ANALISIS TINGKAT BERPIKIR MAHASISWA CALON GURU BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI ANALITIK

Authors

  • Dina Octaria

Abstract

Abstrak

 

Geometri analitik merupakan salah satu cabang mata kuliah geometri yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami persamaan bangun geometri. Menurut NCTM (Van De Walle, 2006:150) gagasan dalam membangun pemahaman geometri meliputi seluruh tingkat, dari pemikiran informal ke lebih formal. Tingkat-tingkat pemikiran geometris menurut Van Hiele terdiri dari level 0: Visualisasi, level 1: Analisis, level 2: Deduksi informal, level 3: Deduksi, Level 4: Ketepatan (Rigor). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir mahasiswa calon guru berdasarkan teori van Hiele dalam menyelesaikan soal Geometri Analitik. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester III Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir mahasiswa calon guru berada pada :           1. tingkat berpikir visualisasi (tingkat 0) dengan indikator kemampuan adalah mahasiswa dapat mengidentifikasi suatu bidang berdasarkan sifat; 2. tingkat berpikir analisis (tingkat 1) dengan indikator kemampuan adalah mahasiswa dapat mengidentifikasi sudut antara dua bidang dan mahasiswa dapat menentukan persamaan suatu bidang; 3. tingkat berpikir deduksi informal (tingkat 2) dengan indikator kemampuan adalah mahasiswa dapat menentukan titik singgung suatu bidang.  

 

Kata kunci : tingkat berpikir, van Hiele, geometri analitik

Downloads

Published

2017-02-14