PENGARUH PENDEKATAN KONTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan kontruktivisme terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Palembang. Metode yang digunakan adalah Metode True Eksperimen Posstest- Only Control Design. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah totalitas hasil tes siswa kelas VIII di SMP Negeri 32 Palembaang Sampel yang diambil dalam penelitian ini melalui Sample Random Sampling, yaitu hasil tes kemampuan representasi matematis siswa kelas Eksperimen (kelas VIII.6) yang berjumlah 62 siswa dan kelas kontrol (kelas VIII.5) yang berjumlah 60. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes. Tehnik analisis menggunakan Uji t (Independen t test), dibantu dengan Software SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan kontruktivisme terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Palembang.
Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Representasi Matematis siswa