DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM MENCAPAI PRESTASI BELAJAR

Authors

  • Ramanata Disurya

Abstract

Abstrak
Prestasi dalam belajar merupakan dambaan bagi setiap orangtua
terhadap anaknya. Prestasi yang baik tentu akan didapat dengan proses belajar yang baik juga. Selain itu diperlukan juga kedisiplinan diri dalam hal belajar. Disiplin diri akan terasa manfaatnya jika kita memiliki suatu impian dan cita – cita yang ingin dicapai. Kita harus mendisiplinkan (melatih) diri untuk mengerjakan hal – hal yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, di dunia
ini dibuat peraturan – peraturan yang disertai hukuman yang setimpal. Hal ini tidak lain agar setiap manusia mau belajar hidup disiplin dan menaati aturan yang ada sehingga dunia tidak kacau balau dan seseorang tidak dapat berbuat sekehendak hatinya. Kedisiplinan itu merupakan dasar untuk mencapai prestasi yang baik, karena kedisiplinan merupakan dasar untuk memperoleh prestasi.
Oleh karena itu kedisiplinan sangat berperan terhadap prestasi belajar siswa. Dengan sikap disiplin akan membuat siswa memiliki kecakapan menangani cara belajar yang baik, juga merupakan suatu proses menuju pembentukan watak yang baik.
Kata kunci: Prestasi belajar, disiplin diri

Downloads

Published

2017-03-08