EFEKTIFITAS PLAY THERAPY DALAM MENGEMBANGKAN KONTROL DIRI SISWA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kenakalan remaja yang semakin meningkat, hal ini disebabkan karena individu belum memiliki kontrol diri yang baik. Apabila keterampilan kontrol diri dikembangkan sejak dini, maka remaja akan mampu mengendalikan diri dari perilaku-perilaku nakal yang dapat merusak kehidupannya di masa datang. Tujuan penelitian adalah untuk menguji keefektifan play therapy dalam mengembangkan kontrol diri siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Lubuk Ngin. Gambaran umum kontrol diri siswa kelas IV SD Negeri 1 Lubuk Ngin berada pada tingkat kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi α = 5%, maka terdapat perbedaan yang
signifikan antara Hasil Pre Test dengan Hasil Post Test yang artinya play therapy efektif dalam mengembangkan kontrol diri siswa SD Negeri 1 Lubuk Ngin.
Kata Kunci : Kontrol Diri, Play Therapy