Pengaruh Antara Pengetahuan Siswa Tentang Konsep Lingkungan Hidup Terhadap Partisipasi dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
pengetahuan siswa tentang konsep lingkungan hidup terhadap partisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas VIII 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket / kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung = 18,38 lebih besar dari t tabel =
4,26 atau t hitung = 18,38 > t tabel = 4,26, sehingga hipotesis yang diterima adalah Ha dan Ho ditolak yang berarti bahwa Variabel bebas (pengetahuan siswa tentang konsep lingkungan hidup) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (partisipasi siswa menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan bagi peneliti dapat dijadikan sebagai bahan bacaan dan acuan untuk penelitian yang akan datang
Kata Kunci : Pengetahuan Siswa, Lingkungan Hidup, Partisipasi, Lingkungan Sekolah