Hasil Belajar Siwa Melalui Metode Pembelajaran Ekspositori Kelas XI pada Materi Pelestarian lingkungan hidup Di SMA Negeri 12 Palembang

Authors

  • Monanisa Monanisa

Abstract

Abstrak
Penelitian ini berjudul Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran
Ekspositori Kelas XI Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA Negeri 12 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Palembang yang berjumlah 121 siswa. Penarikan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi,
kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriftif. Hasil pokok dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa kelas XI IPS 1 memiliki nilai yang dapat diterima. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pengolahan data primer, secara sederhana metode pembelajaran ekspositori mengajarkan bahwa bilamana siswa diberi kesempatan mempergunakan waktu yang dibutuhkan untuk belajar sebaik-baiknya, maka siswa akan mencapai tingkatan hasil belajar yang lebih baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Ekspositori.

Downloads

Published

2017-03-15