PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (GEOGRAFI) DI KELAS VII SMP QURANIAH 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2013-2014

Authors

  • Kiki Aryaningrum

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhmodel
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (geografi) di kelas VII SMP
Quraniah 1 Palembang 2013-2014. Hipotesisnya yaitu model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh besar terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (Geografi) kelas VII SMP
Quraniah 1 Palembang 2013-2014. Pada penelitian ini metode yang dipakai
peneliti yaitu metode eksperimen yang melibatkan dua variabel yaitu variabel
bebas adalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT), dan variabel terikat adalah hasil belajar geografi pada materi
Tenaga Endogen dan Vulkanisme. Teknik pengumpulan datanya menggunakan
observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan
uji-t yaitu untuk menganalisis suatu pengaruh.
Berdasarkan analisis data ovservasi dan data tes, diperoleh suatu
kesimpulan bahwa dari hasil observasi yang diamati maka dapat dilihat keaktifan
siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat, ternyata kelas
eksperimen lebih aktif dari pada kelas kontrol, sedangkan perbedaan hasil
belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games
Tournament (TGT), pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan
hasil perhitungan diperoleh nilai akhir yaitu siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mendapat nilai
rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,41, sedangkan nilai
rata-rata kelas kontrol sebesar 64,02. Dari perhitungan dengan menggunakan uji-
t maka diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 6,49 > 1,668 maka penelitian ini sesuai
dengan kriteria pengujian hipotesis t hitung > t tabel , dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games tournament (TGT) lebih tinggi dari pada hasil
belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT, sehingga
penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diharapkan yaitu “Model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh
besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (Geografi)
kelas VII SMP Quraniah 1 Palembang 2013-2014.
Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa, Geografi

Downloads

Published

2017-03-15