Pengaruh Gaya Mengajar dan Percaya Diri Terhadaphasil Belajar Menyundul Bola dalam Permainan sepakbola

Authors

  • Dede Dwiansyah Putra

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan percaya diri terhadap hasil belajar menyundul bola dalam permainan sepakbola. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri pada kedua gaya mengajar. Pengajaran gaya mengajar dalam penelitian ini adalah gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan, dan percaya diri tinggi dan percaya diri rendah.Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cempaka Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumatra Selatan kelas XI IPS 2014/2015. Metode
penelitian menggunakan eksperimen dengan desain treatment by level 2x2 dengan ukuran sampel dari 32 orang.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: ( 1 ) secara keseluruhan ada perbedaan antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar menyundul bola, ( 2 ) ada interaksi antara gaya mengajar dengan percaya diri terhadap hasil belajar menyundul bola. ( 3 ) bagi siswa yang memiliki percaya diri yang tinggi , gaya mengajar esiprokal memberikan efek yang lebih baik dari pada gaya mengajar latihan pada hasil belajar menyundul bola, ( 4 ) bagi siswa yang memiliki percaya diri rendah, penyediaan praktek gaya mengajar latihan memberikan efek yang lebih baik dari pada gaya mengajar resiprokal untuk hasil belajar menyundul bola.
Kata kunci:GayaMengajar, Percaya Diri, Menyundul Bola.

Downloads

Published

2017-03-17