ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI OGAN SEBAGAI SUMBER AIR BAKU KOTA PALEMBANG

Authors

  • Masayu Rosyidah

DOI:

https://doi.org/10.31851/redoks.v2i1.2037

Abstract

ABSTRAK

 

Sungai Ogan merupakan salah satu sungai di kota Palembang yang digunakan sebagai air baku air minum. Kondisi perairan sungai Ogan saat ini terjadi penurunan kualitas sebagai air bersih.  Dalam rangka memenuhi kebutuhan air bersih, maka perlu untuk menganalisis kualitas airSungai Ogan.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kualitas air sungai Ogandan mengevaluasi kondisi air sungai Ogan dengan standar baku mutu air yang telah ditetapkan.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei lapangan, yaitu dengan melakukan pengamatan dan pengukuran secara langsung di lapangan, dan uji laboratorium. Sampel dalam penenlitian ini adalah sebagian air sungai di Seberang Ulu, khususnya wilayah instalasi Ogan PDAM Tirta Musi Palembang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas air sungai Ogan menunjukkan kecenderungan pola yang fluktuatif yang diukur selama bulan Mei sampai dengan Juni 2017, yang ditunjukkan dari parameter fisika, kiimia, dan mikrobiologi.  Hasil dari uji laboratorium memiliki kecenderungan aman sebagai air baku air minum dan sesuai berdasarkan Peraturan Gubernur propinsi Sumatera Selatan Nomor 16 Tahun 2005 tentang Peruntukan Air dan Baku Mutu Air Sungai.

 

Kata Kunci : fisika, kimia, air baku, baku mutu.

References

Delgodo, G.A Glazer, R.A and Mc Carthy, K, 2007. Translocation as strategy to rehabilitate the queen conch (Strombus Qiqas) Population in the florida keys jurnal of National.

Endah 2010. Analisis Kimia sample Air Sungai Pengukuran kualitas air handout diakses Rabu†1 Febuari 2012. http : Endah. Blogsput.com /2010/04/Lubitimeter - Bandar Lampung.

Peraturan Gubernur propinsi Sumatera Selatan Nomor 16 Tahun 2005 tentang Peruntukan Air dan Baku Mutu Air Sungai.

Yuanita Windusari, Kualitas Perairan Sungai Musi Di Kota Palembang Sumatera Selatan, Bioeksperimen vol. 1 no. 1, 2015.

Downloads

Published

2018-08-15

How to Cite

Rosyidah, M. (2018). ANALISIS KUALITAS AIR SUNGAI OGAN SEBAGAI SUMBER AIR BAKU KOTA PALEMBANG. Jurnal Redoks, 2(1), 42–47. https://doi.org/10.31851/redoks.v2i1.2037