ANALISA LAJU KOROSI MATERIAL PLAT KAPAL HLB4004 MENGGUNAKAN MEDIA DI PERAIRAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA

Authors

  • Kurniawati Oktarina Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Mutiara Jaya
  • Agung Setia Budi Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Mutiara Jaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/redoks.v6i2.5306

Abstract

Baja merupakan kebutuhan utama dalam pembuatan industri bahkan sudah merambah hingga bidang transportasi menggunakan baja sebagai bahan utamanya dan yang paling banyak digunakan adalah baja karbon rendah. Plat kapal ialah bahan utama kapal dan bagian kapal yang langsung bersentuhan dengan air laut adalah lambung kapal sehingga terjadinya laju korosi pada plat kapal, ada beberapa faktor dari lingkungan yang menyebabkan terjadinya laju korosi seperti suhu, pH, air, angin dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dari suhu mempengaruhi perubahan pH sehingga berpengaruh terjadinya korosi pada material plat kapal dalam periode waktu. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan perendaman spesimen plat kapal selama periode 3 (tiga) bulan. Dengan media air laut perairan pelabuhan Tj Priok Jakarta Utara. Variabel pengukuran spesimen yang direndam adalah suhu, pH, dan laju korosi yang dihitung berdasarkan lama waktu spesimen direndam. Berdasarkan hasil data penelitian yang diperoleh bahwa variabel suhu mempengaruhi terjadinya perubahan pH. Hal ini dibuktikan dengan nilai suhu pada awal perendaman spesimen dengan media air laut pelabuhan Tj Priok yaitu 26,20 C memiliki nilai pH sebesar 6,5 dan berubah menjadi 28,30 C dengan nilai pH sebesar 5,7. Adapun, nilai regresi yang diperoleh sebesar 0,998 dan 0,999 yang menunjukkan bahwa perubahan pH pada air laut mempengaruhi tingkat laju korosi pada plat kapal.

Author Biographies

Kurniawati Oktarina, Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Mutiara Jaya

Program Studi Teknik Perkapalan

Agung Setia Budi, Sekolah Tinggi Ilmu Maritim Mutiara Jaya

Program Studi Teknik Perkapalan

References

Afandi, Yudha, Kurniawan., Irfan Syarif Arif., dan Amiadji. 2015. Analisis Laju Korosi Pada Plat Baja Karbon Dengan Variasai Ketebalan Coating. Jurnal Teknil Sistem Perkapalan Vol. 4 No. 1. Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh November: Surabaya.

Muhammad Zuchry M, Ramang Mangga. 2017. Analisis Laju Korosi Dengan Penambahan Pompa Pada Baja Komersil Dalam Media Air Laut. Jurnal Mekanikal Vol. 8 No. 2, Fakultas Teknik Universitas Tadulako: Sulawesi Tengah.

Oktarina Kurniawati dan Yopi Lesmana. 2019. Analisis Perbandingan Laju Korosi Plat Kapal 17QIF3563586 P15 Di Perairan Pelabuhan Panjang Dan Pelabuhan Bakauheni Lampung. Jurnal Distilasi Vol. 4 No. 1. UMP : Palembang. https://doi.org/10.32502/jd.v4i2.

Yunaidi. 2016. Perbandingan Laju Korosi Pada Baja Karbon Rendah Dan Stainless Steel Seri 201, 304 Dan 430 Dalam Media Nira. Jurnal Mekanika dan Sistem Termal (JMST) Vol. 1 No. 1. Program Studi Teknik Mesin Politeknik LPP: Yokyakarta.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Oktarina, K., & Budi, A. S. (2021). ANALISA LAJU KOROSI MATERIAL PLAT KAPAL HLB4004 MENGGUNAKAN MEDIA DI PERAIRAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK JAKARTA UTARA. Jurnal Redoks, 6(2), 80–85. https://doi.org/10.31851/redoks.v6i2.5306