UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYIMAK ISI WACANA NARASI MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION

Authors

  • Siti Rukiyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas PGRI Palembang
  • Rusmini Rusmini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univesitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur menyimak isi wacana narasi melalui penerapan model group investigation. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur sebanyak 20 orang. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik tes dan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur pada pembelajaran menyimak isi wacana narasi melalui pernerapan model pembelajaran group investigation berhasil setelah dilakukan dalam tiga siklus. Berdasarkan jumlah dan persentase siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar setelah tindakan siklus III, yaitu 18 orang (90%) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 36 Rantau Bayur pada pembelajaran menyimak isi wacana narasi melalui penerapan model group investigation sudah mencapai ketuntasan karena siswa yang memperoleh nilai 70─100 mencapai 18 orang atau 90%.

Kata kunci: Upaya, Belajar, Model Group Investigation, Wacana Narasi

 

Downloads

Published

2015-01-13

Issue

Section

Articles