PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA
Abstract
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Lilin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jumlah populasi sebanyak 231 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel kuota yakni tidak berdasarkan strata atau daerah dan telah ditentukan oleh peneliti maka diperoleh dua kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik angket, dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dengan taraf uji yang digunakan adalah uji 2 (dua) pihak dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = n – 2, maka 60 – 2 = 58. Dengan nilai dk (58) tersebut maka dapat diketahui untuk ttabel = 1,672 (dalam lampiran tabel distribusi nilai t) dan untuk nilai thitung = 7,26. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa thitung > ttabel (7,26 > 1,672) maka Ha diterima karena jumlah t-hitung  lebih besar daripada ttabel. Sehingga dapatlah disimpulkan, bahwa media gambar memiliki pengaruh terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa SMP Negeri 1 Sungai Lilin.
Kata Kunci : Media, Media Gambar, Menulis, Karangan, Deskripsi