MENYIMAK SEBAGAI SUATU PROSES KEGIATAN RESEPTIF AKTIF

Authors

  • Juaidah Agustina Dosen Tetap Yayasan FKIP Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

Pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan kepada para siswa meliputi empat aspek, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Aspek menyimak ini dipilih karena sangat mendukung terjadinya proses komunikasi secara lisan. Namun  pembelajaran menyimak tampaknya belum mendapat perhatian khusus, padahal menyimak sangat penting karena akan menjadi dasar bagi pengembangan keterampilan berbahasa lainnya. Disadari atau tidak kegiatan menyimak merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan oleh siswa. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, hampir seluruh guru yang mengajar tak terkecuali bahasa indonesia, selalu memberikan penjelasan materi pelajaran kepada siswa melalui proses lisan. Untuk memahami penjelasan guru, siswa harus menyimak dengan baik, jika tidak kegagalanlah yang akan ditemui.

Kata kunci: menyimak, proses, guru, siswa, kegagalan

Downloads

Published

2015-01-13

Issue

Section

Articles