PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA FKIP UNIVERSITAS PGRI
Abstract
Abstrak
Tulisan ini adalah usaha penggunaan model berpikir dan pemecahan masalah sebagai model penelitian yang diharapkan dapat menjadi salah satu variasi model pembelajaran di Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas PGRI Palembang yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Berpikir dan Pemecahan Masalah di Mahasiswa Semester IA Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP Universitas PGRI Palembang, tahun akademik 2013/2014.Berdasarkan rekapitulasi rata-rata nilai dari siklus pertama, kedua, dan ketiga dapat diketahui bahwa rata-rata nilai akhir siklus pertama, siklus kedua, dan siklus tiga sudah mencapai KKM yang ditentukan yaitu > 85 dan dikegorikan baik.
Â
Kata Kunci: PTK, Berpikir, Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran