EFFECTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PENGAJARAN MIND MAPPING DAN STORY GRAMMAR

Authors

  • M. Holandyah

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari apakah ada tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap menulis paragarap siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan teknik pengajaran mind mapping dan story grammar. Dalam melakukan penelitiannya, penulis menggunakan rancangan pretest dan posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam Univesitas PGRI Palembang tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 30 orang mahasiswa. Kemudian, sampel dibagi menjadi dua (Kontrol dan Eksperimen) dimana 15 orang dikelompokkan dalam kelompok control yang diajarkan menggunakan menggunakan story framework, dan 15 orang dikelompokkan kedalam kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan mind mapping strategy. Dari hasil analisa SPSS 17 menghitung perbedaan hasil kemampuan menulis paragraph siswa ditemukan p-ouput nya 0.000. Hal ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap pengajaran menulis paragarap dengan menggunakan strategi mind mapping dan story framework. Dari kedua teknik tersebut dapat disimpulkan bahwa pengajaran menulis paragraph dengan menggunakan mind mapping strategi lebih effektif dibandingkan dengan menggunakan strategi story framework. Hal ini didasarkan pada hasil nilai rata-rata dimana hasil menulis paragarap siswa dengan menggunakan mind mapping adalah 67.40 dan hasil nilai rata-rata dengan menggunakan story framework adalah 53.23.

Kata Kunci: mind mapping, story grammar, hasil menulis, signifikan, efetifitas

Downloads

Published

2015-01-13

Issue

Section

Articles