MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MEMINDAI MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 PALEMBANG
Abstract
Abstrak
Tulisan ini berawal dari penelitian di semester kelas IX siswa MTs Negeri 1 Palembang, pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan model CIRC. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah memberikan hasil optimal terhadap kemampuan siswa dalam membaca memindai. Model CIRC  diharapkan dapat memberi pencerahan bagi siswa upaya menangkap makna yang terkandung dalam   sebuah teks bacaan/wacana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya CIRC maka kemampuan siswa membaca memindai meningkat. Perolehan rerata hasil yang dicapai siswa adalah 71,7 yang berkemampuan cukup baik hingga sangat baik dan telah memenuhi KKM 70 yang dipersyaratkan.
Â
Kata Kunci: membaca, memindai, model, pengajaran, siswa