PENGAJARAN PEMAHAMAN MEMBACA MENGGUNAKAN STRATEGI REDW (READ-EXAMINE-DECIDE-WRITE)

Authors

  • Masagus Firdaus Dosen Tetap Yayasan-FKIP Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi REDW dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemahaman wacana. Populasi penelitian ini terdiri dari 35 peserta didik di SMP Bina Lestari Palembang tahun akademik 2011/2012. Peneliti hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan hanya terdapat satu kelas. Data diperoleh dengan cara menggunakan tes awal dan tes akhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-Experiment.. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik memperoleh nilai mean yang lebih rendah pada saat tes awal dibandingkan nilai mean pada saat tes akhir. Adapun nilai mean pada saat tes awal yaitu 5,86, sedangkan nilai mean pada saat tes akhir yaitu 7,53. Lebih jauh, setelah peneliti mengkalkulasi nilai peserta didik pada tes awal dan peserta didik pada tes akhir, peneliti mendapatkan bahwa nilai t-hitung yaitu 6,35, sedangkan  t-tabel yaitu 1,69. Hal ini dapat diartikan bahwa strategi REDW sangat tepat ketika diterapkan pada peserta didik.  

Kata kunci : Strategi REDW, Pembelajaran, Peserta Didik,  Pemahaman

Downloads

Published

2015-01-13

Issue

Section

Articles