PENGARUH INSEKTISIDA PIRETHROID SINTETIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH Pontoscolex corethrurus Fr. Mull

Authors

  • Erwin Nofyan Dosen Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/sainmatika.v7i2.15

Abstract

ABSTRAK
Penelitian mengenai pengaruh Insektisida Pirethroid Sintetik terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing tanah Pontoscolex corethrurus dilaksanakan dari bulan Juli-Desember 2009 di laboratorium Fisiologi Hewan Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insektisida pirethroid sintetik terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing tanah Pontoscolex corethrurus Fr. Mull.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan berupa insektisida pirethroid sintetik dengan konsentrasi 0,1%; 0,2%, 0,3%;0,4% dan 0% sebagai kontrol. Data dianalisis dengan Analisis Varian, jika terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Duncon pada tingkat kepercayaan 95%. Hasilnya menunjukkan bahwa perlakuan insektisida pirethroid sintetik (konsentrasi 0,1%;0,2%; 0,3% dan 0,4%) berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan (rata-rata pertumbuhan berat) cacing tanah P. corethrurus. Produksi kokon cacing tanah P. corethrurus berpengaruh nyata. 

Kata kunci: Insektisida pirethroid sintetik, pertumbuhan, produksi kokon, pontoscolex corethrurus Fr. Mull.

Downloads

Published

2015-01-08