ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA ALKALOID DARI DAUN TUMBUHAN SENGUGU (Clerodendron serratum Spreng)

Authors

  • Ita Emilia Dosen Jurusan Biologi FMIPA Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sainmatika.v7i2.16

Abstract

ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian yang berjudul Isolasi dan Identifikasi Senyawa Alkaloid dari Daun Tumbuhan Senggugu (Clerodendron serratum Spreng) yang dilaksanakan dari bulan April s.d. bulan November 2010 di Laboratorium Genetika dan Bioteknologi, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Sriwijaya untuk pengujian hasil penelitian yaitu penentuan spektrofotometri dilaksanakan di Lab.
Kimia Analisa Instrumen UPI Bandung . Isolasi senyawa aktif dilakukan secara bertahap dimulai dari proses ekstraksi, fraksinasi, kromatografi lapis tipis (KLT), dan pemurnian senyawa aktif dengan menggunakan kromatografi kolom gravitasi. Identifikasi senyawa alkaloid menggunakan spektrofotometer UV, IR, dan GC-MS. Hasil KLT didapat senyawa aktif yang terdapat pada daun senggugu termasuk
golongan senyawa alkaloid dengan Rf 0,45 dengan warna kuning kecoklatan. Hasil pemurnian senyawa aktif dengan menggunakan kromatografi kolom gravitasi diperoleh fraksi aktif pada F 3.3, Dari hasil pengujian menggunakan spektrofotometer uv, infra red dan gc-ms diperoleh senyawa golongan alkaloid dengan berat molekul 70 gram/mol dan rumus molekul C 2 H 2 N 2 O.

Kata kunci: Isolasi, Identifikasi, Clerodendron serratum, alkaloid

Downloads

Published

2015-01-08