Prediksi Angka Partisipasi Sekolah (APS) di Provinsi Banten dengan Menggunakan Interpolasi Lagrange

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/sainmatika.v17i1.3822

Abstract

Angka Partisipasi Sekolah (APS) merupakan proporsi jumlah anak sekolah pada suatu jenjang pendidikan tertentu dalam kelompok usia yang sesuai dengan jejang pendidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi angka partisipasi sekolah selama tiga tahun kedepan, sehingga angka prediksi ini dapat dijadikan sebagai alternatif pertimbangan pengambilan keputusan baik bagi pemerintah maupun selain pemerintah yang berkaitan langsung terhadap pendidikan demi terjadinya peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Banten. Dalam penelitian ini menggunakan metode numerik yaitu interpolasi lagrange berbantuan software Matlab R2013a untuk mendapatkan hasil prediksi angka partisipasi sekolah (APS). Dari penelitian ini, setelah diperoleh model prediksi APS, maka selanjutnya diprediksi APS tiga tahun kedepan setelah tahun 2019. Hasil prediksi yang didapatkan setelah dilakukan simulasi yaitu pada angka partisipasi sekolah usia 13-15 tahun didapatkan hasil prediksi untuk tahun 2020, 2021, dan 2022 secara berturut-turut yaitu 96,76; 97,63; dan 98,51. Pada angka partisipasi sekolah usia 16-18 tahun didapatkan hasil prediksi untuk tahun 2020, 2021, dan 2022 secara berturut-turut yaitu 69,11; 69,51; dan 69,90. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan angka partisipasi sekolah dari tahun-tahun sebelumnya.

Downloads

Published

2020-06-27