Deteksi Ektoparasit pada Ikan Putak (Notopterus notopterus) di Provinsi Sumatera Selatan

Indah Anggraini Yusanti, Sofian Sofian, Rahma Mulyani

Abstract


Keberadaan ikan putak di perairan semakin langka, akibat dari penangkapan ikan putak yang berlebihan di alam, sedangkan kegiatan domestikasi ikan putak belum banyak dilakukan, salah satu kendala dalam domestikasi ikan putak adalah adanya hama penyakit yang menyerang ikan putak. Upaya dalam pengelolaan hama penyakit ikan putak adalah ketersediaan informasi tentang infeksi ektoparasit yang menyerang ikan putak sehingga dapat ditemukan cara atau metode untuk mengatasinya. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis ektoparasit, menganalisis indeks prevalensi dan tingkat serangan ektoparasit pada ikan putak sebagai data awal bagi upaya pengelelolaan dan domestikasi ikan putak di Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, menggunakan metode purposive sampling dengan 3 stasiun pengamatan, yaitu stasiun 1 penampungan ikan putak di Desa Epil Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin, stasiun 2 penampungan ikan putak di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan stasiun 3 penampungan ikan putak di Sianjur 3 Kota Palembang. Hasil penelitian diperoleh 2 jenis ektoparasit yaitu Dactylogyrus sp dan Trichodina sp yang ditemukan pada organ sirip, insang dan lendir. Indeks prevalensi tertinggi ditemukan pada stasiun 1 yaitu Dactylogyrus sp (insang 43,33%, lendir 10%), Trichodina sp (insang 10%, lendir 10%)  dan terendah pada stasiun 3 dengan tidak ditemukan ektoparasit. Tingkat serangan ektoparasit tertinggi pada stasiun 1 yaitu Dactylogyrus sp (insang 5,61 ind/ekor, lendir 8 ind/ekor), Trichodina sp (insang 6 ind/ekor, lendir 11 ind/ekor).


Keywords


Ektoparasit, Ikan Putak (Notopterus notopterus), Provinsi Sumatera Selatan, Indeks Prevalensi, Tingkat Serangan

Full Text:

PDF

References


Agustinus, F., Gusliany. (2020). Kandungan Isi Usus Ikan Putak (Notopterus notopterus) Hasil Tangkapan Nelayan di Perairan Lubuk Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Bulletin Teknik Litkayasa Sumber Daya dan Penangkapan. Vol.14 (1) : 19-21

Bayumi., Yusanti, I.A., Anwar, S., Mulyani, R. (2021). Identifikasi Ektoparasit Ikan Patin Siam (Pangasius Hypopthalmus) Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Di Sungai Ogan Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Sainmatika. Vol.18 (1) : 68-75

Kabata, Z. (1985). Parasites and Diseases of Fish Cultured in The Tropics. Tailor and Feancis Inc. London and Philadelphia. 318 hal.

Masjudi, H., Tang, U. M., dan Syawal, H. (2016). Kajian Tingkat Stres Ikan Tapah (Wallago Leeri) Yang Dipelihara Dengan Pemberian Pakan Dan Suhu Yang Berbeda. Berkala Perikanan Terubuk. Vol.44(3) : 69–83

Maulana, D. M., Muchlisin, Z. A., dan Sugito, S. (2017). Intensitas dan Prevalensi Parasit Pada Ikan Betok (Anabastestudineus) dari Perairan Umum Daratan Aceh Bagian Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan. 2(1) : 1-11.

Panduheriana, U. M., dan Abdillah, A. A. (2019). Studi Kejadian Ektoparasit Pada Pembesaran Ikan Bawal Bintang (Trachinotus blochii) Di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, Jawa Barat. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. Vol.7(1) : 46 – 54.

Utami, P., dan Rokhmani, R. (2016). Spesifisitas Parasit Protozoa Trichodina Sp. Pada Gurame, Tawes, Nilem Dan Nila Yang Dibudidayakan Polikultur. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. ISSN : 2557-533X : 86-91

Wibowo, A., Sunarno, M.T.D., Subagja., Hidayah, T. (2009). Karakterisasi Populasi Ikan Putak (Notopterus Notopterus) menggunakan Analisis Keragaman Fenotipik dan Daerah 16 SRNA DNA Mitokondria. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia. Vol.15 (1) : 1-12.

Yuli, S., Harris, H., Yusanti, I. A. (2017). Tingkat Serangan Ektoparasit Pada Ikan Patin (Pangasius Hypopthalmus) Yang Dibudidayakan Dalam Keramba Jaring Apung Di Sungai Musi Palembang. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan. Vol.12 (2) : 50-58.

Yusuf, M., Yusanti, I.A., dan Sofian, S. (2020). Tingkat Serangan Ektoparasit Pada Ikan Lele (Clarias sp) Yang Di Pelihara Pada Media Budidaya Yang Berbeda. Skripsi. Program Studi Ilmu Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas PGRI Palembang. Xvi + 59 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/sainmatika.v18i2.6662

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam p-ISSN 1829-586X (print), e-ISSN 2581-0170 (online)

Sainmatika:
Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang
Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang 30251
e-mail: sainmatika@univpgri-palembang.ac.id

Creative Commons License
Sainmatika: Jurnal Ilmiah Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam by https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/sainmatika/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.