SENI TARI ANTARA RUANG DAN WAKTU

Authors

  • Rully Rochayati

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1194

Abstract

ABSTRAK

 

Seni tari antara ruang dan waktu adalah suatu keterikatan yang mendasar dari setiap bagiannya. Seni tari melibatkan gerak yang memiliki estetika atau keindahan. Gerak yang tidak sekedar gerak. Gerak yang memiliki makna, yang dapat terbaca oleh penontonnya. Untuk memahami seni tari maka perlu memahami bahwa elemen yang terkait tidak saja gerak tetapi ruang dan waktu.

Ketika menentukan gerak yang akan digunakan didalam tari maka seorang penata tari atau koreografer perlu memahami secara jelas dan tegas tentang konsep ruang dan waktu. Untuk menghasilkan satu sajian tari yang utuh maka penjelajahan terhadap ruang tari baik ruang nyata maupun ruang imajiner harus dilakukan semaksimal mungkin. Kesadaran akan ruang akan terbentuk ketika proses latihan bertahap dan didampingi dengan pengetahuan tentang ruang secara tepat dan baik.

Elemen waktu yang melibatkan tempo, ritme, dan durasi mampu memberikan pembatas terhadap gerakan tari. Artinya tarian yang dilakukan setiap gerakannya dibatasi dengan hitungan. Hitungan tari yang selama ini digunakan adalah 1-2, 1-4, 1-8 dan seterusnya. Pembatasan-pembatasan ini bukan berarti ahkir dari sebuah gerakan tetapi awal dari sebuah rangkaian tari yang lengkap. Setiap gerakan dirangkai dalam bingkai tempo, ritme, dan durasi yang terwujud utuh.

 

Kata kunci: Seni Tari, Ruang, Waktu  

Downloads

Published

2017-08-29

How to Cite

Rochayati, R. (2017). SENI TARI ANTARA RUANG DAN WAKTU. Jurnal Sitakara, 2(2). https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1194