ANALISIS BENTUK GERAK TARI TURAK DI SANGGAR STUDIO LINGGA KOTA LUBUKLINGGAU

Authors

  • Sisca Fitriani

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i1.1538

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk gerak tari Turak di Sanggar Studio Lingga Lubuklinggau dikaji berdasarkan konsep analisis bentuk gerak Y. Sumandyo Hadi yang terdiri dari (1) Kesatuan, (2) Variasi, (3) Repetisi (ulangan), (4) Transisi (perpindahan), (5) Rangkaian, (6) Perbandingan, (7) Klimaks.

                Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan Teknik Pengumpulan Data Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.             

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Turak adalah tari tradisional yang mempunyai sejarah yang berkembang di daerah Suku Tengah Lakitan (STL) Ulu Terawas dengan sejarah penciptaan pada masa Heroika yaitu masa perjuangan. Hasil penelitian tari Turak berdasarkan konsep Y. Sumandiyo Hadi ialah (1) Kesatuan berdasarkan intensitas dalam unsur gerak terdapat pada ragam gerak Liuk Selendang, pada aksen yaitu gerak Sembah Duduk, dan pada kualitas yaitu Turak Bahu. Dalam unsur ruang yaitu gerak Sembah Duduk dan Angkat Turak, dalam unsur waktu gerak Liuk Selendang, Liuk Turak, dan Maju Mundur, (2 ) Variasi terdapat pada ragam gerak Angkat Turak, Angkat Turak Putar, Liuk Turak, Guncang Turak Duduk, Guncang Turak Lurus,Guncang Turak Samping,Kanan,Depan,Kiri, (3) Repetisi terdapat pada gerak Maju Mundur, Liuk Selendang, Liuk Turak, Guncang Turak, (4) Transisi terdapat pada Liuk Selendang dan Maju Mundur, (5)  Rangkaian terdapat pada seluruh ragam gerak dari awal sampai akhir, (6) Perbandingan dalam analisis bentuk tari Turak tidak dianalisis atau dilakukan, (7) Klimaks terdapat pada gerak Liuk Selendang, Sembah Duduk, Ngalui sebagai gerak Pemula, Angkat Turak, Angkat Turak Putar, Liuk Turak,  Guncang Turak Duduk, Guncang Turak, Turak Bahu, Guncang Turak Lurus sebagai gerak Perkembangan, Putar Turak sebagai gerak Klimaks, Sembah Akhir dan Terbang sebagai gerak penyelesaian.

 

Kata Kunci: Analisis, Bentuk Gerak, Tari Turak 

Downloads

Published

2018-03-08

How to Cite

Fitriani, S. (2018). ANALISIS BENTUK GERAK TARI TURAK DI SANGGAR STUDIO LINGGA KOTA LUBUKLINGGAU. Jurnal Sitakara, 3(1), 90–98. https://doi.org/10.31851/sitakara.v3i1.1538