PERKEMBANGAN MUSIK HEAVY METAL DI KOTA PALEMBANG

Authors

  • Novdaly Fillamenta

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i1.2556

Abstract

ABSTRAK

                Musik mempunyai beberapa unsur dalam proses perkembanganya. Unsur tersebut adalah timbre (warna suara), tempo, dinamik dan melodi. Perkembangan musik diawali dari jaman baroque sampai akhir romantique, memasuki abad ke 19 dimulai dari musik blues yang dibawa oleh beberapa kaum yang diberlakukan sebagai budak sehingga musik tersebut merupakan musik yang lebih mempunyai soul dan bernyawa. Heavy metal merupakan musik yang berkembang diawal tahun 1970-an yang dipelopori oleh grup music Black Sabbath. Di Indonesia grup musik beraliran heavy metal yang berpengaruh adalah Power Metal, Burgerkill dan Suckerhead. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen angket dan pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara ditambah angket utk responden yang merupakan penikmat musik heavy metal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penikmat musik heavy metal masih terbatas, sementara penikmat musik heavy metal banyak. Hal ini disebabkan karena apresiasi yang kurang baik dari segi media maupun live musik.

Kata Kunci: musik, heavy metal

References

Christie, Lan (2003), Sound of the Beast: The complete Headbanging History of Heavy Metal. Happer Collins.

Du Noyer, Paul (ed.) (2003). The Illustrated Encyclopedia of Music. Flame tree.

Fast, Susan (2005). Led Zeppelin and The Construction of masculinity: ini Music Cultures in The United Stated, ed. Ellen Koskoff. Routledge.

Manuel, Peter. (1988). Popular Music of the non-western World. New York: Oxford University Press.

Moleong, Lexy (1998). Metodology Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Pelajar.

Nettle, Bruno. (1964). Theory and Methods in Etnomusicology. New York: The free press- A division old mcmilan Publishing, Co, Inc.

Purba., Mauly., Pasaribu, Ben M. (2006). Musik Populer. Jakarta: Pendidikan Seni Nusantara.

Sharpe-Young, Garry (2007). Metal: The Guide Definitive. Jawbone Press.

Downloads

Published

2019-02-27

How to Cite

Fillamenta, N. (2019). PERKEMBANGAN MUSIK HEAVY METAL DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 4(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v4i1.2556