PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 2 PALEMBANG

Authors

  • Yus Vernandes Uzer Dosen FKIP Univiversitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3525

Abstract

Abstrak

 

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menuliskan kembali pokok-pokok berita yang didengarkan siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap kemampuan menuliskan kembali pokok-pokok berita yang didengarkan siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palembang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 130 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol berjumlah 32 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian pada kesimpulan, dinyatakan bahwa menulis pokok berita kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model artikulasi lebih baik dari hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yang dilihat melalui pengujian hipotesis karena terbukti bahwa nilai  lebih besar dari nilai  sebesar 6,48  2,00 atau dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 74,5 lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 63,1. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis pokok-pokok berita siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Palembang.  

 

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Artikulasi, Kemampuan Menulis Pokok Berita

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Latuconsina, Chandra. 2014. Keterampilan Pers dan Jurnalistik. Universitas PGRI Palembang.

Mudyahardjo, Redja. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persaja.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2012. Penerapan Strategi Cooperative Learning dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pedagogia.

Pristyan, Yoggy Bagus. 2016. Pengaruh Model Artikulasi dalam Kegiatan Mendeskripsikan Penggunaan Suatu Alat dengan Bahasa yang Baik dan Benar Kelas 4 SDN Sambitan 02 Kec. Pakel Tulungagung,(http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2016/11.1.01.10.0380.pdf, diakses 17 Maret 2016).

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa Takut. Yogyakarta: Kanisius.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardarita, Ratu. 2014. Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Elmatera.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Uzer, Y. V. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA SMP NEGERI 2 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 5(1), 48–59. https://doi.org/10.31851/sitakara.v5i1.3525