PENGARUH PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR TARI TANGGAI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG

Authors

  • DESY FARADILLAH
  • TRENY HERA

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i1.869

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar tari Tanggai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar tari Tanggai pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Palembang.

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Sebelum perlakuan metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode demonstrasi, setelah perlakuan metode yang digunakan yaitu metode kerja kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa tes unjuk kerja dan analisis data menggunakan Uji-t.

            Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatlah nilai Pre-test siswa dengan nilai rata-rata 68,3 dan nilai rata-rata Post-test siswa yaitu 85,2. Setelah memperoleh data hasil tes siswa, peneliti melakukan analisa data dengan menggunakan rumus Uji-t, diperoleh = 8,73 dan  dengan taraf signifikan  dan dk 30 diperoleh nilai  = 2,04. Dengan demikian  (8,73  yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar tari Tanggai pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 33 Palembang.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Metode Kerja Kelompok, Hasil Belajar

Downloads

Published

2017-02-13

How to Cite

FARADILLAH, D., & HERA, T. (2017). PENGARUH PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR TARI TANGGAI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG. Jurnal Sitakara, 2(1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i1.869