PERMODELAN ENIM PEMBELAJARAN TARI PADA PEMEBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Tubagus Mulyadi Prodi Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9029

Keywords:

Enim, Movemen Transformation, Video Tutorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pembelajaran tari dalam masa pandemi, terutama pada pembelajara jarak jauh. Penelitian sebagai respon terhadap situasi kondisi yang mengharuskan antara pelatih dan siswa tidak bisa bertatap muka secara langsung. Pendekatan teori yang dilakukan adalah permodelan enim dalam pembelajaran tari yaitu dengan video tutorial pada perbagian teknik motif gerak dan foto fose sikap motif gerak. Penelitian ini menggunakan metode permodelan enim dengan teknik pengumluan data, observasi, transformasi ke dalam bentuk gambar sebagai pengganti pembelajaran tari secara langsnung melalui pembelajaran jarak jauh. Hasil menunjukan pentingnya respon terhadap situasi yang menuntup bertemu secara langsung drngan permodelan enim berupa video tutorial dan fose teknik motif gerak sebagai media pembelajaran jarak jauh

References

Slamet, MD (2016). Melihat Tari. Surakarta: LPKBN Citrasain.

Djuarsa Derlan (1997).Dasar-Dasar Gerak Tari Sunda. Akademi Seni Tari Indonesia, Bandung

Elliot, C (1997). Functional Reactive Animation, In International Conference on Functional Programming

Hutchinson Anna (1991). Labanotation, Routledge Theatre Arts Books, New York;

Thurn, S (1998). Technical Report CMU-SC, Carnegie Mellon University, Pittsburgh; PA

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Mulyadi, T. (2022). PERMODELAN ENIM PEMBELAJARAN TARI PADA PEMEBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Sitakara, 7(2), 133–147. https://doi.org/10.31851/sitakara.v7i2.9029