PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN GEOGRAFI

Authors

  • Eviliyanto Eviliyanto Eviliyanto IKIP PGRI Pontianak
  • Rosanti Rosanti IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i1.10031

Keywords:

TPS, Minat dan Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata kuliah pendidikan konservasi di Program Studi Pendidikan Geografi semester II, 2) untuk mengetahui Minat dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pendidikan konservasi dengan diterapkan model think pair share (TPS), 3) untuk mengetahui Peningkatan minat dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pendidikan konservasi setelah diterapkan think pair share (TPS). Metode penelitian dalam upaya memperoleh data dengan menggunakan metode penelitian tindakan kolaboratif. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas A. Pagi semester II Prodi Pendidikan Geografi yang mengambil mata kuliah Pendidikan konservasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab permasalahan pertama dengan observasi langsung melalui pengamatan terhadap dosen pengampu mata kuliah, sedangkan permasalahan kedua dengan teknik komunikasi tidak langsung dan pengukuran melalui kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) pada mata kuliah pendidikan konservasi di Program Studi Pendidikan Geografi semester II termasuk kategori baik dengan pola 2 (dua) siklus, 2) Minat dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan model TPS pada mata kuliah Pendidikan konservasi mengalami peningkatan masing-masing 86,67% dan 75,50, 3) Besar peningkatan minat dan hasil belajar mahasiswa masing-masing sebesar 36,67% dan 14,2.

References

Ekawarna, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Huda Miftahul, 2015. Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur Dan ModelPenerapan”.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karwono & Mularsih, 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purwanto, Ngalim, 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto, (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wardoyo, Sigit Mangun, 2015. Pembelajaran Konstruktivisme Teori dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-04-06