PEMANFAATAN TAMAN WISATA ALAM (TWA) PUNTIKAYU PALEMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i1.1132Abstract
ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) Puntikayu Palembang Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan metode pembelajaran outdoor study. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest pemahaman konsep peserta didik dengan memanfaatkan Taman Wisata Alam Puntikayu Palembang melalui metode Outdoor study di SMA Negeri 9 Palembang? Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain eksperimen Non-Equivalent Pretest-Posttest Design. Instrument yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan Paired Samples T-Test dengan bantuan software SPSS versi 20. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Taman Wisata Alam (TWA) puntikayu palembang sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di SMA Negeri 9 Palembang
Kata Kunci: metode Outdoor Study, Pemahaman Konsep
Downloads
Published
2017-08-11
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.