PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM KARTUN TERHADAPHASIL BELAJAR IPS TERPADU (GEOGRAFI) PADA MATERILINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BELITANG III KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Wayan Sukanta
  • Syarwani Ahmad
  • Siti Asiyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i1.1133

Abstract

ABSTRAK
Pengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017. Dalam Penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan tes dan dokumentasi. Dengan hasil pembuktian hasil belajar berdasarkan regresi linier sederhana yaitu = a + b X = 23,225 + 0,506 X dengan = 0,05 = 30 – 2 = 28. Dengan rata-rata hasil belajar 87,5 dikelas eksperimen dan 67,5 di kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh sebesar 3,422 > sebesar 2,048. Dengan demikian 3,422 > 2,048 sehingga dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: media film kartun, hasil belajar, dan lingkungan hidup

Downloads

Published

2017-08-11