PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM KARTUN TERHADAPHASIL BELAJAR IPS TERPADU (GEOGRAFI) PADA MATERILINGKUNGAN HIDUP DAN PELESTARIANNYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BELITANG III KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i1.1133Abstract
ABSTRAKPengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017. Dalam Penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data diperoleh menggunakan tes dan dokumentasi. Dengan hasil pembuktian hasil belajar berdasarkan regresi linier sederhana yaitu = a + b X = 23,225 + 0,506 X dengan = 0,05 = 30 – 2 = 28. Dengan rata-rata hasil belajar 87,5 dikelas eksperimen dan 67,5 di kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh sebesar 3,422 > sebesar 2,048. Dengan demikian 3,422 > 2,048 sehingga dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran film kartun terhadap hasil belajar IPS Terpadu (Geografi) pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya di kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Kabupaten OKU Timur tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: media film kartun, hasil belajar, dan lingkungan hidup
Downloads
Published
2017-08-11
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.