PERAN INFORMASI KELUARGA BERENCANA PADA PERSEPSI DALAM PRAKTIK KELUARGA BERENCANA

Authors

  • Badrun Munandar

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i1.1137

Abstract

ABSTRAK
Negara mengalami kegagalan dalam mempromosikan Keluarga Berencana (KB) akhir-akhir ini yang diikuti oleh menurunnya pencapaian kinerja pemerintah dalam bidang kependudukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber informasi yang memberikan informasi KB kepada masyarakat, perbedaan persepsi menurut sumber informasi dan perbedaan partisipasi menurut persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus. Analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square dengan menggunakan Program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memperoleh informasi KB melalui televisi (58,2%), serta terdapat pengaruh informasi terhadap persepsi dan partisipasi KB. Bukti adanya perbedaan persepsi menurut keterpaparan informasi, partisipasi menurut persepsi dan partisipasi menurut keterpaparan informasi secara meyakinkan dengan taraf kesalahan 5 % atau tingkat kebenaran 95%. Hal ini dikarenakan persepsi terhadap nilai anak yang berbeda-beda, sehingga keinginan punya anak lagi tidak berpengaruh terhadap partisipasi dalam praktik KB.
Kata Kunci: Persepsi, Keluarga Berencana

Downloads

Published

2017-08-11