PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MAN 1 KOTA MALANG

Authors

  • Mustika Mustika Arif Jayanti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Maul Ahmad Maulana Malik Jamil Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v8i2.11624

Abstract

Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan seseorang untuk melihat suatu objek dengan sangat terperinci. Selain itu, kemampuan mengubah (memanipulasi) bentuk berupa gambar, garis, bentuk, ruang dan warna meihat objek dari perspektif yang berbeda dan problem solving fenomena geografi. Hasil belajar dicapai pada akhir pembelajaran dan mengacu pada kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami materi yang diajarkan atau dibahas oleh gurunya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Regresi linier sederhana digunakan sebagai metode penelitian. Hasil belajar siswa termasuk variabel terikat dan kecerdasan visual spasial siswa termasuk variable bebas. Hasil uji validitas r tabel adalah df = N-2 sehingga 102-2 = 100, dari r table tersebut dilihat memiliki nilai  r tabel = 0,1638. Hasil dari uji reliabilitas variabel kecerdasan visual-spasial sebesar 0,662 dan untuk nilai dari Cronbach’s Alpha > 0,60 item soal dinyatakan reliabel. Diperoleh nilai devination from linearity berjumlah 0,054 yang signifikan, berarti hasilnya lebih besar dari 0,05 dan menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang linier. Hasil regresi linier sederhana kecerdasan visual spasial (X) mendapatkan nilai t hitung 8,575 yang artinya nilai 0,000 dengan 0,000 < 0,05 dan dari sini bisa disimpulkan bahwa variabel  kecerdasan visual spasial (X) secara parsial berpengaruh terhadap variabel hasil belajar geografi (Y).

Downloads

Published

2023-08-18