PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PREZI PRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI SMAN 17 SURABAYA

Authors

  • Suhita Arih Wibawati Universitas Negeri Surabaya
  • Rindawati Rindawati
  • Baris Juni Prastono

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i2.11766

Abstract

Berdasarkan hasil observasi permasalahan di Kelas X-5 SMAN 17 Surabaya yaitu rendahnya hasil belajar geografi. Hasil belajar geografi memiliki rerata skor 59,03. Penilaian hasil belajar berdasarkan analisis aspek: 1) peserta didik, 2) guru, 3) sarana-prasarana, dan 4) proses pembelajaran. Penyebab permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran yang digunakan belum sesuai dan media belum bervariasi. Pemilihan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Prezi Presentation diterapkan guna meningkatkan hasil belajar geografi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dengan masing-masing 5 langkah. Lokasi penelitian di SMAN 17 Surabaya Kelas X-5 dengan jumlah 36 peserta didik pada semester genap 2022/2023. Teknik pengambilan data yaitu tes lima soal uraian dan non tes melalui lembar observasi, lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif melalui pengukuran hasil belajar geografi di akhir. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat peningkatan skor 11,25 atau 41,3%. Rerata hasil belajar geografi pada siklus I adalah 73,89 menjadi 85,14 pada siklus II. Berdasarkan hasil peningkatan skor disimpulkan bahwa model PBL berbantuan Prezi Presentation dapat meningkatkan hasil belajar geografi. Penggunaan aplikasi Prezi Presentation memudahkan guru melaksanakan proses pembelajaran di luar kelas.

References

Wijayanto, P., Sugeng Utaya, & Ach. Amirudin. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif dan Strategi Penerapannya dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Geografi Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. In Sugeng Utaya & Ach. Amirudin (Vol. 2, Issue 1).

Alfi, C., Sumarmi, & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA.

Aliman, M., Dahri Hi Halek, Silvia Marni, Mike, & Siti Florensia. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot dan Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Kajian, Penelitian, Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57–76. http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography

Alnursa, D. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi pada Materi Dinamika Perubahan Hidrosfer Siswa Kelas X SMANegeri 1 Mangoli Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 231–236. https://doi.org/10.5281/zenodo.6418342

Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg

Anisah, Sumarmi, & I Komang Astina. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Dengan Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Astuti, A., Sirajuddin Saleh, & Yusna Sufriadi. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningSMK Negeri 1 Kayan HilirKab Sintang Kalimantan Barat. In ©Anum Astuti (Vol. 4, Issue 1).

Diza Mutiara, C., Lilik Ariyanto, & Muhammad Saifuddin Zuhri. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning danThink Pair and Share Berbantu Preziterhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kelas X. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 528–538.

Ebi Praheto, B., & Indah Nartani. (2022). Multimedia Pembelajaran (1st ed.). UST-Press.

Febiani Musyadad, V., Asep Supriatna, & Sri Mulyati Parsa. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan.

Handoyo, B., & Hadi Soekamto. (2022). Perencanaan Pembelajaran Geografi (Dilengkapi Kurikulum Merdeka) (1st ed.). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Iskandar, S., Hasmunir, & A. Wahab Abdi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah: Vol. I (Issue 1).

Junaidi, Rusdi, M., & Muslim. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Kota Jambi (Vol. 4).

Kusrini, & Fahran Mustafa. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII MTS Ar-Ridha Paisumbaos Halmahera-Selatan.

Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 450–461. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Leny, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajarpada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Sentikjar, 1(1), 38–49.

Mardiansyah, Syaiful M., & Muhammad Basri. (2017). Pengaruh Media Presentasi Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah.

Mareti, J. W., Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v6i1

Mas Darwati, I., & I Made Purana. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69.

Mayasari, A., Opan Arifudin, & Eri Juliawati. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran (Vol. 3, Issue 2).

Md Arta, I., I G. N. Japa, & I K. Sudarma. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 264–273.

Mukti, A. R., & Agus Ardiansyah. (2022). Implementasi Web Engineering pada Sstem Dokumen Elektronik Berkas Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru di Universitas Bina Darma. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4429–4437.

Nur, A., Abdul Wahab Abdi, & Amsal Amri. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah: Vol. I (Issue 2).

Nur, B. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas X IIPS 1 SMA Negeri 12 Makassar (Vol. 17).

Nurhamidah, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geografi. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Saharsa, U., Muhammad Qaddafi, & Baharuddin. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan Modul Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771

Sri Putri, R., Suryani, M., & Lucky, H. J. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 8(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Susanto, S. (2020). Efektifitas Small Group Discussion dengan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Tiyasrini, A. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Negara Asean Pada Siswa Kelas VI SDN Dawuhansengon II Tahun 2020. In Educatif : Journal of Education Research (Vol. 3, Issue 1). http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Tri Widyastuti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di MAN 1 Gunungkidul.

Utami, R. P., Riezky Maya Probosari, & Umi Fatmawati. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 46–52.

Widari Ni Nyoman Tuti, Sutarjo, & Made Suryadi. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Tipe Problem-Based Learningpada Mata Pelajaran Geografi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X B SMA Negeri 1 Bebandem, di Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem.

Yuniarti, Haryadi, & Nas Haryati. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot pada Siswa SMA.

Downloads

Published

2024-08-22