PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v9i2.11767Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki tingkat aktivitas belajar peserta didik dengan mengimplementasikan model problem based learning pada pembelajaran geografi fase E kelas X SMAN 17 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menerapkan pendekatan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X-6 SMAN 17 Surabaya yang berjumlah 36 orang. Data hasil penelitian menunjukkan perbaikan dalam tingkat aktivitas peserta didik dalam proses belajar dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran geografi kelas X-6 yang dibuktikan dengan hasil perhitungan pada pra tindakan aktivitas positif 41% aktivitas negatif 16%, siklus I aktivitas positif 66% aktivitas negatif 13%, dan siklus II aktivitas positif 78% aktivitas negatif 8% , ini membuktikan bahwa dari pra tindakan ke siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan sebesar 37% aktivitas positif, serta penurunan 8% aktivitas negatif.
References
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. 6.
Hakim, M. A. A., & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Iis Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. 6.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.309
Hariyanti, Salimi, A., & Kartono. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V. 8.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 6. Https://Doi.Org/10.19184/Jukasi.V7i3.21599
Karismawati, L., & Sriyanto, M. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia Tema 5 Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. 2.
Novelita, N. & Darmansyah. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 8(2), 1539. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V8i2.446
Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 105. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.2.1.103-112
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Vii, 112–122.
Sukirman, S., & Solikin, Moch. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), 49–60. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33552
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suwarno, S., Auliah, A., Babay, A., & Yunus, S. R. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Materi Perkembang Biakan Tumbuhan. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 93. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31134
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.