ANALISIS TINGKATAN RANAH KOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI REGIONAL INDONESIA 1

Authors

  • Armansyah Armansyah

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i2.1441

Abstract

ABSTRAK
Geografi Regional Indonesia 1 (GRI 1) adalah mata kuliah pada Program Studi Pendidikan Geografi semester 4. Mata kuliah ini menyajikan pembahasan tentang karakteristik dan dinamika negera Indonesia ditinjau dari segi geografis. Karakteristik mahasiswa yang beragam membuat peneliti tertarik melakukan penelitian tentang tingkatan ranah kognitif mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini. Tujuannya adalah mengetahui dan menjelaskan sejauh mana tingkatan ranah kognitif mahasiswa dalam mengikuti kuliah GRI 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Sampelnya diambil dari kelas yang peneliti ajar yaitu kelas 4A (Semeseter 4A) yang dipilig menggunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan tabel frekuensi kemudian dilanjutkan dengan deskripsi menggunakan teknik reduction, display, dan conclution. Keabsahan data menggunakan derajat credibility dengan cara peningkatan ketekunan, perpanjangan pengamatan dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan tingkatan ranah kognitif Krathwoll 87% mahasiswa memiliki tingkatan ranah kognitif pada C4 dan 13% pada C5. Alasan yang mempengaruhi berupa minat, jurusan yang diambil semasa SMA dan peluang.
Kata Kunci: Tingkatan Ranah Kognitif, Pembelajaran, Geografi

Downloads

Published

2017-12-23