PENGGUNAAN METODE MIND MAPPINGSEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i2.1442Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode Mind Mapping dalam meningkatkan aktivitas belajar geografi siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Pekalongan. Metode yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus selama 6 kali pertemuan, satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas X.3, peneliti, dan seorang guru geografi. Data yang diambil berupa hasil observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa 55,16 %, pada siklus II meningkat sebesar 11,57 % sehingga menjadi 66,73 %, dan pada siklus III, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 19,05 % menjadi 85,78 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar geografi siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Pekalongan. Oleh karena itu disarankan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping dalam pembelajaran geografi.
Kata kunci : Aktivitas Belajar, Mind Mapping.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/swarna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.