PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MEDIA PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 1 BABAT TOMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Authors

  • Siti Asiyah
  • Novi Yuni Artika

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v2i2.1444

Abstract

ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan
multimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1
Babat Toman Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Babat
Toman.Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampel. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini sebanyak 2 kelas yakni kelas X IPS 1 berjumlah 36 siswa dengan menggunakan Multimedia
Pembelajaran Interaktif dan kelas X IPS 2 berjumlah 36 siswa dengan menggunakan Media Presentasi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat
ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Media Presentasi lebih baik dibandingkan
menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Hipotesis yang berlaku adalah Terdapat perbandingan
hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaraninteraktif da n media presentasi pada
mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Babat Toman tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari
hasil uji hipotesis dengan nilai thitung = - 17,2 dan ttabel = 1,027 (μ1≠ μ2) berdasarkan kriteria uji hipotesis
bahwa Ha : μ1≠ μ2.
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Interaktif, Media Presentasi, Hasil Belajar.
PENDAHULUAN

Downloads

Published

2017-12-23