PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DI SMA NEGERI 2 MESUJI

Authors

  • Arjunita Eka Putri
  • Misdalina Misdalina
  • Maharani Oktavia

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.1705

Keywords:

Pengembangan, Model Pembelajaran CTL, Prototipe, Hasil Belajar Siswa

Abstract

ABSTRAK

Bahan ajar yang ada saat ini belum menekankan pada keterlibatan siswa secara penuh dalam mencari pengetahuan yang dipelajarinya dan menghubungkannya dengan situasi dikehidupan nyata. Oleh karna itu perlu dikembangkan bahan ajar yang mendorong siswa mendapatkan pengetahuan dengan mengkontruksi dari pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Model CTL merupakan salah satu pembelajaran yang menekankan pada aktifitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi lingkungan  hidup  yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek yang baik. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development  research). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS. 1 di SMA Negeri 2 Mesuji dengan jumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data berupa walk through dengan pakar, dokumen pekerjaan siswa pada latihan di prototipe, angket pada siswa dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa hasil pengembangan prototipe materi lingkungan hidup untuk SMA menggunakan model pembelajaran CTL di SMA Negeri 2 Mesuji valid berdasarkan isi, bahasa, dan kesesuaian konteks. Hasil uji coba prototipe materi lingkungan hidup yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 2 Mesuji praktis yang dapat digunakan oleh siswa. Hasil uji coba prototipe materi lingkungan hidup yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 2 Mesuji mempunyai efek yang potensial, yaitu siswa suka belajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL, siswa aktif mengikuti pelajaran menggunakan model pembelajaran CTL, dan hasil menyelesaikan soal latihan-latihan di prototipe atau buku siswa mempunyai nilai rata-rata 90,9 dan hasil nilai tes akhir mempunyai nilai rata-rata 96,8.

References

Atom. 2015. Model Pembelajaran Contextual Teaching

and Learning (CTL).http://www.langkahpembelajaran.com/2015/03

/mengenal-model-pembelajarancontextual.html. Diakses pada tanggal 21 Januari 2016 Pukul 21.20.

FKIP Universitas PGRI. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: FKIP.

Irwan, Zoer’aini Djamal.2012. Prinsip-Prinsip Ekologi.Jakarta:Bumi Aksara.

Ismawati,Esti. 2015. Telaah Kurikulum Dan pengembangan Bahan Ajar.Yogyakarta :Penerbit Ombak.

Johnson, Elaine b.2014.CTL (Contextual Teaching & Learning ). Bandung : Kaifa.

Misdalina.2008.Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik indonesia (PMRI)diPalembang. Jurnal

Pendidikan Matematika,Volume 3, No. 1, hal.1-13. Palembang: Program studi pendidikan matematika PPS-UNSRI.

Sadulloh, Ulloh. 2004. Pengantar Filsafat Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta.

_______. 2012. Statistika Untuk Peneliian. Bandung :Alfabeta .

Sunanto dan Agung hartono. 2013. Perkembangan Perserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-05-31