PENGARUH PRAKTIKUM SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI DALAM MEMBUAT PETA BERBASIS ARCGIS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.1707

Keywords:

Praktikum, Sistem Informasi Geografis, Peta, Arcgis

Abstract

Mata kuliah Sistem Informasi Geografi (SIG) adalah mata kuliah wajib bersyarat yang harus diselesaikan di semester enam oleh mahasiswa Pendidikan Geografi yang sebelumnya harus lulus pada mata kuliah kartografi dan penginderaan jauh. Mahasiswa diwajibkan mengikuti tatap muka perkuliahan maksimal 16 kali pertemuan yang terdiri dari teori dan juga praktikum. Praktikum dilaksanakan setelah menyelesaikan teori/konsep SIG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum SIG terhadap kemampuan mahasiswa pendidikan geografi dalam membuat peta berbasis Arc Gis. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yakni kelas VI A. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan teknik dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Desain ini terdapat satu kelompok perlakuan dan selanjutnya di observasi hasilnya. Dilihat dari hasil perolehan nilai mahasiswa dalam praktikum SIG membuat peta berbasis Arc Gis dengan indikator menampilkan data spasial, Georeferencing, digitasi, atributing, analisis dan layout menunjukkan bahwa terdapat beberapa mahasiswa yang memperoleh nilai rendah, yakni berada dibawah ketuntasan minimum diantaranya berada kisaran nilai 4,0 – 6,0 dan nilai tertinggi berada pada kisaran nilai 8,0 – 9,0. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai SIG dengan menggunakan uji-t diperoleh signifikansi 0,004. Ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh  lebih kecil dari 0,05. Artinya,  bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh praktikum SIG terhadap kemampuan mahasiswa pendidikan geografi dalam membuat peta berbasis Arcgis.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Budiyanto,Eko.2002. Sistem Informasi Geografi Menggunakan Arc View GIS. Penerbit Andi:Yogyakarta.

Gustina, Rianti. 2012. Pengaruh sarana dan prasarana praktikum terhadap motivasi Belajar dan hasil belajar kompetensi keahlian teknik Komputer dan jaringan Smk muhammadiyah 2 yogyakarta.http://eprints.uny.ac.id/5764/1/abstrak_indonesia_001_rianti.pdf. Diakses tanggal 7 Mei 2018.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jumardi, Andi , Aryadi Nurfalaq dan Zulfiqar Busrah. Tanpa Tahun. Penerapan Modul Pratikum Sig Untuk Memberikan Keterampilan Pemetaan Bagi Mahasiswa Fisika Sains Universitas Cokroaminoto Palopo. Prosiding Seminar Nasional Volume 02, Nomor 1 ISSN 2443-1109.

Kinniburgh, John. 2015. Best Practice in Geography Using GIS.

Prahasta, Edy. 2002. Konsep-Konsep Dasar SIG. Informatika Bandung: Bandung.

Murtirani ,Sembiring. 2008. Pengaruh Metode Praktikum Menggunakan Media Komputer Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 2 Lubuk Pakam. http://digilib.unimed.ac.id/pengaruh-metode-praktikum-menggunakan-media-komputer-terhadap-motivasi-belajar dan - hasil-belajar-kimia-siswa-sma-negeri-2-lubuk-pakam-426.html.diunduh tanggal 4 Maret 2016

Pratiwi, Indah, Murniati dan Apit Fathurohman. Tanpa Tahun. Pengaruh Metode Praktikum Menggunakan Kit Optik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 1 Prabumulih.

Rustaman, Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Negeri Malang. Malang

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rajawali Pers

Setiawan, Agung; Sutarto; Indrawati.2013. Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Pengantar Fisika Sma : Studi Pada Konsep Besaran Dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013. Volume 1, Nomor 3, Desember 2012 ISSN : 2301-9794 Jurnal Pembelajaran Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika : FKIP Universitas Jember.

Siswoyo,Dwi. 2007. Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyanta,I Gede, dkk.2005. Studi Perubahan Penggunaan Lahan Wilayah Bodong Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat Tahun 2000-2004. Laporan Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Unila:Lampung

Tuminto, Didik. 2007. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres

UURI. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. http://riau.kemenag.go.id/file/file /produkhukum /faiz1360854336.pdf. Diunduh tanggal 3 Maret 2016.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Published

2018-05-31