EVALUASI INPUT, PROSES, DAN HASIL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE

Authors

  • Susanti Faipri Selegi

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.1708

Keywords:

Evaluasi input, proses, hasil, learning cycle

Abstract

Evaluasi bertujuan memberikan gambaran objektif pada mata kuliah evaluasi belajar Geografi dengan menerapkan konsep evaluasi input, proses, dan hasil. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi input, proses, dan hasil melalui penerapan model pembelajaran learning cycle. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui teknik kuesioner dan tes. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi input, yang meliputi antusiasme, kedisiplinan, sarana dan prasarana, kesiapan tenaga pendidik, dan lingkungan dengan kategori sedang.  Evaluasi proses, yang meliputi engagement (keterlibatan), expolaration, explanation, elaboration dan evaluation melalui model pembelajaran learning cycle dengan kategori baik. Evaluasi hasil, yang meliputi hasil terbaik pada mata kuliah evaluasi belajar Geografi, dan skor hasil belajar yang diperoleh >80 dengan kategori baik. Hasil tes belajar pada ujian akhir semester setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle dengan rata-rata 81,63 dan kategori penilaian tes pada kategori baik. Hasil pengujian secara simultan X1  evaluasi input,    X2   evaluasi proses,  X 3 evalausi hasil, dan Y tes hasil belajar pada ujian akhir semester setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle, diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,272 dengan nilai probabilitas (sig.) = 0,012 dan Ftabel  sebesar 2,86. Dengan demikian nilai Fhitung = 4,272 lebih besar dari Ftabel=2,86 maka dapat disimpulkan bahwa varaibel X1  evaluasi input,    X2   evaluasi proses,   X 3 evaluasi hasil secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikat Y yaitu tes  hasil belajar pada ujian akhir semester setelah diterapkannya model pembelajaran learning cycle.

References

Djemari, Mardapi. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Penerbit: Nuha Litera. Yogyakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

_______________. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Penerbit: Mitra Cendikia Press, Jogjakarta.

Fraenkel, Jack R. & Wallen, Norman E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. San Francisco State University. Seventh Edition.

Hamzah, Uno. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Penerbit: Bumi Aksara

Idayati, dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle ‘5E’ Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Fotosintesis pada Kelas VIII F SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012. Naskah Publikasi. FKIP. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Penerbit: Rineka Cipta.

Mertens, Donna M. 2010. Research and Evaluation in Education and Psychology. Third Edition. SAGE.

Riduwan. 2010. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sari, Elies Septiana, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas X-Keperawatan SMK Kesehatan BIM Probolinggo. Jurnal-online.um.ac.id

Santika, anggit, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemmapuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Pena ilmiah. Jounal.upi.edu

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Septiana, Elies Sari, Asim, Y. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-Keperawatan SMK Kesehatan BIM Probolinggo.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Afabeta.

________ . 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Guntur Henry. 2009. Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Penerbit: Angkasa Bandung.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar

___________. 2012. Model Pembelajaran Learning Cycle. Tersedia: Error! Hyperlink reference not valid. diakses 20 Januari 2018

Downloads

Published

2018-05-31