PERSEPSI WISATAWAN LOKAL TERHADAP PENYEDIAAN FASILITAS OBJEK TAMAN WISATA ALAM PUNTI KAYU DI KECAMATAN ALANG-ALANG LEBAR KOTA PALEMBANG

Authors

  • Enno Lerian
  • Maharani Oktavia

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.1712

Keywords:

Persepsi, Wistawan Lokal, Fasilitas Wisata, Objek Wisata

Abstract

Penyediaan fasilitas objek wisata merupakan salah satu faktor pendukung dalam kegiatan pengembangan kepariwisataan. Objek taman wisata alam punti kayu memiliki berbagai macam fasilitas yang di sediakan untuk dapat dinikmati oleh para wisatawan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi wisatawan lokal terhadap penyediaan fasilitas objek taman wisata alam punti kayu di Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir secara keseluruhan fasilitas yang disediakan di objek taman wisata alam punti kayu sudah baik hanya ada beberapah saja atau sebagian kecil dari fasilitas yang masih dinilai belum baik dan cukup baik. Adapun fasilitas yang dinilai sudah baik antara lain replika/miniatur 7 keajaiban dunia, kolam  renang, musholla, wc umum, sedangkan fasilitas yang dinilai cukup baik antara lain tempat berteduh, tempat sampah, kantin/pondok pedagang, dan kursi. Serta fasilitas yang dinilai belum baik antara lain kebun binatang mini (jenis hewan yang berada dikebun mini masih sedikit). Perlu adanya perbaikkan untuk fasilitas yang dianggap belum baik seperti perawatan kandang hewan, penambahan jenis hewan, dan juga pemeliharaan terhadap fasilitas yang sudah ada tersedia agar kondisinya tetap terjaga.

References

Abdullah. 2017. Antara Sumsel. Pengelolah Benahi Hutan Wisata Punti Kayu Palembang, terbit Sabtu, 25 Februari 2017 13:42 WIB (Online).(http://m.antarasumsel.com/berita/312163/pengelolah benahi-hutan-wisata-punti-kayu-palembang). di akses pada 1 Maret 2017.

Antoni. 2016. Radar Palembang. Penambahan Fasilitas Diobjek Wisata Punti Kayu Palembang, terbit Senin 27 Desember 2016 14:22 WIB (Online). http://www.radar-palembang.com/libur-panjang-objek-wisata-diserbu. di akses pada 1 Maret 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Stevianus. 2014 “Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta’’ Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 19 No. 3, Desember 2014. Universitas Gunadarma.

Suchaina. 2014. “Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati’’ Jurnal Psikologi September 2014, Vol. II, No. 2. STKIP PGRI Pasuruan.

Wardiyanto. 2011. Perencanaan pengembangan pariwisata. Bandung: CV Lubuk Agung.

Downloads

Published

2018-05-31