KEBERADAAN MINI MARKET ALFAMART DAN INDOMARET KAITANNYA DENGAN TINGKAT PENGHASILAN PEDAGANG TRADISIONAL DI WILAYAH KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

Authors

  • Selpi Yana Br. Ginting

DOI:

https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.2432

Keywords:

Penghasilan, Pedagang tradisional, Minimarket, Alfamart, Indomaret

Abstract

Keberadaan Minimarket, Alfamart, dan Indomaret Kaitannya Dengan Tingkat Penghasilan Pedagang Tradisional Di Wilayah Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan berkembangnya minimarket Alfamart dan Indomaret terhadap pendapatan pedagang tradisional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak berkembangnya minimarket terhadap pendapatan pedagang tradisional di Kecamatan Talang Kelapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pedagang tradisional dan gerai minimarket, alfamart, dan indomaret yang berada di kecamatan Talang Kelapa yang berjumlah 108. Terpilih sebagai sampel sebanyak 10 pedagang tradisional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara dan angket (kuisioner). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan minimarket, alfamart, dan indomaret berpengaruh nyata terhadap tingkat penghasilan pedagang tradisional di wilayah Talang Kelapa Sumatera Selatan. Dampak yang paling dirasakan pedagang tradisional adalah penurunannya omset yang signifikan, dengan range penurunan omset antara 25%-60%. Sebagian besar mengakui penurunan omset disebabkan karena konsumen saat ini lebih memilih berbelanja ke Alfamart maupun Indomaret yang memang lebih lengkap sehingga lebih menarik konsumen untuk berbelanja.

References

Andriawan. “Pasar tradisional dan Pasar modernâ€. http://andinielizabeth.wordpress.com/2013/04/17/ . Akses 28 Desember 2014

Anonimous. 2007. Kajian dampak ekonomi keberadaan Hypermarket Terhadap ritel/pasar tradisional.

Arik Pujianto. 2013. Pengaruh berkembangnya Waralaba minimarket (Indomaret dan Alfamaret) terhadap pendapatan pedagang kecil dan tokko kelontong di Kec terlanai Pura Jambi. Jambi: Universitas Negeri Jambi.

Laksemana Lufti. 2012. Dampak keberadaan indomaret terhadap kondisi sosial ekonomi pedagang pasar tradisional di kelurahan terjun kecamatan medan marelan, Medan: Universitas Sumatera Utara

Richard G. Lipsey, dkk. 2003. Pengantar Mikro ekonomi. Jakarta: Binarupa Aksara.

Saefuddin Muslimin. Pengaruh persebaran minimarket. http://saefuddinmuslimin.blogspot.com/2012/01/. Akses 18 Desember 2014.

Sukirno, Sadono. 2002. Mikro Ekonomi teori pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suparyanto. 2013. Kewirausahaan Konsep dan Realita Pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Utomo, Budi dan Lutfi Muta'ali. 2011. Analisis Potensi Wilayah Untuk Pengembangan Kawasan Perdagangan Di Kota Surakarta Bagian Utara. Tesis. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=52271.

Widya, Utami Kristin, 2010. Manajemen Retail Edisi 2. Jakarta, Salemba Empat.

Downloads

Published

2018-05-31